Teater Indonesia Tahun 1980-an dan 1990-an

Tahun 1980-1990-an situasi politik Indonesia kian seragam melalui pembentukan lembaga-lembaga tunggal di tingkat nasional.  Kehidupan politik kampus dan Dewan-dewan Mahasiswa ditiadakan, akibat peristiwa Malari 1974. Dalam latar situasi seperti itu lahir beberapa kelompok teater yang sebagian merupakan produk festival teater, antara lain di  Jakarta dikenal dengan Festival Teater Jakarta (sebelumnya disebut Festival Teater Remaja),  di Yogyakarta  terdapat beberapa jenis festival, di antaranya Festival Seni Pertunjukan Rakyat yang diselenggarakan Departemen Penerangan Republik Indonesia (1983), di  surabaya  dikenal  FestivalDrama Lima Kota yang digagas oleh Luthfi Rahman, Kholiq Dimyati dan Mukid F.



Teater Indonesia Tahun 1980-an dan 1990-an
Salah satu pementasan Teater Gandrik
Pada saat itu lahirlah kelompok - kelompok teater baru di berbagai kota di Indonesia,  di Yogyakarta muncul Teater Dynasti, Teater Jeprik, Teater Tikar, Teater Shima, dan Teater Gandrik. Teater Gandrik menonjol dengan warna teater yang mengacu kepada roh teater tradisional kerakyatan dan menyusun berita-berita yang aktual di masyarakat menjadi bangunan cerita. Lakon yang dipentaskan antara lain,  Pasar Seret, Meh, Kontrang-  kantring, Dhemit, Upeti, Sinden,  dan Orde Tabung,  di Solo (Surakarta) muncul Teater Gapit yang menggunakan bahasa Jawa dan latar cerita yang meniru lingkungan kehidupan rakyat pinggiran. Salah satu lakonnya berjudul  Tuk. Di samping Gapit, di Solo ada juga Teater Gidag-gidig,  di Bandung muncul Teater Bel, Teater Re-publik, dan Teater Payung Hitam,  di Tegal lahir teater RSPD. Festival Drama Lima Kota Surabaya

memunculkan Teater Pavita, Teater Ragil, Teater Api, Teater Rajawali, Teater Institut, Teater Tobong, Teater Nol, Sanggar Suroboyo, di Semarang muncul Teater Lingkar  dan di Medan muncul Teater Que dan di Palembang muncul Teater Potlot.

Dari Festival Teater Jakarta muncul kelompok teater seperti, Teater Sae yang berbeda sikap dalam menghadapi naskah yaitu posisinya sejajar dengan cara-cara pencapaian idiom akting melalui eksplorasi latihan. Ada pula Teater Luka, Teater Kubur, Teater Bandar Jakarta, Teater Kanvas, Teater Tetas selain teater Studio Oncor, dan Teater Kami yang lahir di luar produk festival (Malna,1999: 191).


Teater Indonesia Tahun 1980-an dan 1990-an
Salah satu pementasan Teater Tetas
Aktivitas teater terjadi juga di kampus-kampus perguruan tinggi. Salah satu teater kampus yang menonjol adalah teater Gadjah Mada dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Jurusan teater dibuka di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pada tahun 1985. ISI menjadi satu-satunya perguruan tinggi seni yang memiliki program Strata 1 untuk bidang seni teater pada saat itu. Aktivitas teater kampus mampu menghidupkan dan membuka kemungkinan baru gagasan-gagasan artistik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »