Penanganan Pedet Setelah Dilahirkan ( perawatan dan kelostrum tiruan )

Perawatan Pedet Setelah Dilahirkan

Pedet yang baru lahir umumnya akan dijilati oleh induknya. Apabila hal tersebut tidak dilakukan oleh induk, maka untuk membantu pernafasan pedet,  anda harus yakin bahwa tidak ada selaput lendir yang menutupi mulut dan lubang hidung dan bila ada anda harus segera membersihkannya.

Sangat dianjurkan agar tali pusar pedet yang baru lahir itu dipotong sekitar 10 cm dari pangkal pusar dan diberi yodium untuk mencegah timbulnya tetanus atau penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri. Pedet yang baru lahir akan menyusu induknya dalam jam-jam pertama setelah lahir, tetapi kalau hal itu tidak dilakukan pedet harus dibantu untuk menemukan ambing induknya. Kolostrum yang merupakan susu khusus yang dihasilkan selama 3 hari pertama sesudah kelahiran, diperlukan oleh pedet yang baru lahir itu untuk kehidupannya. Kolostrum mengandung hanyak energi, mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk memulai kehidupan bagi pedet yang bersangkutan, tetapi juga mengandung antibodi yang merupakan pelindung terhadap kemungkinan adanya infeksi dan penyakit. Seandainya tidak diberi air susu induknya yang mengandung kolostrum pada minggu pertama kehidupannya, mungkin pedet yang hidup hanya beberapa persen saja.

Tabel 7. Zat Makanan, Air Susu Berkolostrum
dan Air Susu Tanpa Kolostrum

Penanganan Pedet Setelah Dilahirkan ( perawatan dan kelostrum tiruan )
                                          Keterangan : *) microgram/g lemak

Perbandingan zat makanan dalam kolostrum (24 jam setelah lahir) dengan air susu tersaji pada Tabel  7.  Tampak dari Tabel  7  bahwa kandungan protein, karotin, dan vitamin dalam kolostrum jauh lebih tinggi dari pada air susu.  Disamping itu kolostrum banyak membantu pencernaan dan pengeluarkan muconium, yaitu kotoran anak sapi yang berwarna hitam.

Kolostrum Tiruan

Jika karena suatu alasan tertentu pedet tidak dapat memperoleh kolostrum dari induknya, dapat dibuatkan komposisi tiruan kolostrum. Adapun bahan baku yang diperlukan adalah : 0,5 liter air hangat, 2,0 sendok teh kastroli, 1,0 butir telur ayam, 0,25 liter air hangat Bahan baku tersebut dicampur dan diaduk merata, kemudian dapat diberikan dalam keadaan segar dan hangat.

Dianjurkan bahwa pedet sampai usia 7 hari pemberian bahan campuran itu tidak boleh melebihi batas maksimum 6 liter per hari.
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »