Metode Latihan, Syarat-Syarat dan Faktor Pendukung Olah Tubuh

1. Metode Latihan Olah Tubuh

    Latihan olah tubuh harus diawali dengan pemanasan  agar suhu tubuh secara perlahan  dapat  menerima atau melakukan gerakan yang lebih rumit. Pemanasan dimulai dari lari-lari kecil kemudian pelemasan persendian yang dimulai dari tubuh bagian atas atau bagian bawah kemudian di akhiri dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh untuk menuju ke latihan inti.

Latihan berikutnya setelah olah tubuh adalah latihan inti yaitu latihan dengan pemilihan gerak sesuai dengan tema yang ditentukan, misal kelenturan, kekuatan dan lain-lain, gerakan inti ini akan mudah dilakukan oleh tubuh yang telah siap menerima gerakan yang rumit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal persiapan tubuh harus maksimal, yaitu dengan melakukan pemanasan yang baikLatihan selanjutnya adalah pendinginan. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan tubuh  agar dapat kembali melakukan aktifitas berikutnya. Pendinginan dalam olah tubuh tentunya berbeda dengan pendinginan yang dilakukan untuk senam kebugaran. Pemilihan geraknya tidak dengan bentuk gerak yang indah, tetapi cukup dengan melemaskan otot dan diakhiri dengan melemaskan seluruh beban dengan bentuk loncatan disertai dengan suara sekerasnya.


2. Syarat Olah Tubuh

   a.  Persiapan Tubuh atau Fisik
       Tubuh adalah media dalam melakukan olah tubuh. Sebelum melakukan kegiatan olah tubuh, penari harus mempersiapkan sebaik-baiknya. Apabila tidak dipersiapkan secara baik, maka akan berakibat
fatal, misalnya cedera, hasil yang tidak maksimal, latihan yang tidak

serius, bahkan meganggu semangat pelaku olah tubuh. Untuk menjaga agar siap melakukan olah tubuh maka persiapan yang dilakukan adalah jangan tidur terlalu malam, makan dan minum secukupnya dan memastikan bahwa tubuh dalam keadaan sehat dan siap melakukan olah tubuh.

   b.  Semangat yang Tinggi
        Semangat yang tinggi merupakan modal utama dalam berolah tubuh. Bahkan penari yang  tubuhnya kaku, dengan melakukan proses olah tubuh dengan benar dan penuh semangat  akan  ada  perubahan dalam tubuhnya serta perilakunya yaitu lebih percaya diri.

   c.  Sarana Tempat
        Pada umumnya tempat praktik olah tubuh adalah studio berukuran memadai dengan dinding kaca dan lantai kayu yang didalamnya dilengkapi engan pendukung olah tubuh lain. Namun, sesekali latihan dilakukan di ruangan terbuka misalnya tanah lapang, pantai, dan lain lain menyesuaikan dengan tujuan serta tema dari olah tubuh tersebut.

   d.  Waktu yang Cukup
        Belajar Olah tubuh akan lebih berhasil jika diikuti dengan kesadaran serta sepenuh hati dalam melakukannya, sehingga tidak ada perhitungan soal waktu, waktu yang tidak terbatas sangat menguntungkan pelaku olah tubuh. Dengan waktu yang cukup akan lebih bisa leluasa mengeksplorasi tubuh secara maksimal.

   e.  Player, CD (apabila dibutuhkan)
        Latihan olah tubuh memerlukan musik irigan untuk menunjang suasana sehingga menjadi semangat dalam melakukan gerakan. Akan tetapi musik  iringan eksternal seringkali juga tidak dibutuhkan, karena dalam emosi kita sudah ada irama yang akan mengatur tempo gerak. Gerak yang dilakukan tanpa  musik  internal adalah untuk menganalisa detail-detail gerak yang dilakukan, sehinggapelaku olah tubuh dapat mengontrol kemampuan tubuhnya secara maksimal.

   f.  Pakaian Latihan
       Pakaian latihan sebaiknya dipilih yang tidak mengganggu gerak tetapi juga enak dipandang. Dipilih bahan lentur, menyerap keringat, pas untuk ukuran tubuh. Apabila pakaian terlalu kedodoran atau terlalu ketat akan menganggu keluwesan gerak dan akan memperngaruhi ruang gerak pelaku olah tubuh.

   g.  Rencana Latihan yang Jelas
        Sebaiknya rencana latihan diatur yang jelas atau sesuai dengan kesepakatan, agar pemain dapat menyiapkan keperluannya baik secara emosional maupun keperluan  fisiknya. Sehingga latihan olah tubuh akan bermanfaat secara maksimal.

5.  Faktor Pendukung Latihan Olah Tubuh
    
     Proses latihan tubuh secara rutin dan terus-menerus akan memberikan kekuatan jiwa dan raga bagi penari. Penari tidak hanya melatih diri untuk keperluan pementasan saja, akan tetapi latihan pembekalan tubuh dilakukan dengan penuh kesadaran dan keiklasan sehingga rutinitas latihan tubuh dapat dilakukan setiap saat. Kesadaran dan keiklasan dalam berolah tubuh apabila tidak dikondisikan secara baik menjadi beban yang sangat berat dan latihan menjadi tidak efektif atau membuang waktu percuma. Sementara kebutuhan latihan  untuk  pentas harus dilakukan. Latihan untuk pentas inilah yang mempengaruhi setiap pikiran penari bahwa latihan menyiapkan tubuh di luar  keperluan pentas yaitu olah tubuh menjadi menurun. Bahkan melakukan atau mengikuti pembelajaran di kelaspun kurang bersemangat, akibatnya kualitas penari menjadi berkurang dan ini disadari oleh penari senior  yang memiliki kemampuan ideal.

Seperti yang disampaikan  Anter Asmorotedjo,  bahwa mencari penari bagus artinya yang memiliki kemampuan tubuh yang baik, penari, itu sekarang sangat sulit, karena penari sudah dimanjakan dengan pentas-pentas rutin yang langsung mendapatbayaran . Dengan rutinitas pentas , penari merasa sudah mumpuni, padahal mereka masih jauh dari idealisme penari yang dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuannya secara maksimal. Penari ideal semakin langka terbukti setiap festival yang dilakukan hampir bersamaan, penarinya adalah itu-itu saja. Penata tari memilih penari yang sama dengan harapan ide dan gagasannya tercapai. Sebaliknya penonton terkadang bosan dengan penari yang hanya itu-itu saja. (wawancara 20 november 2013).

Penari yang terbatas menyulitkan kerja maksimal penata tari. Tugas bersama untuk menyadarkan penari pemula agar mau dan bekerja keras memaksimalkan kesempatan dan waktu untuk melatih tubuhnya melalui olah tubuh. Dengan melakukan olah tubuh maka tubuh menjadi cerdas, kemampuan daya ingat terasah, memori gerak yang  tersimpan semakin melimpah dan semakin kreatif.

Di bawah ini adalah metode atau faktor pendukung untuk meningkatkan latihan olah tubuh, sehingga peserta didik semakin yakin bahwa olah tubuh wajib dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penari. tersebut adalah :

   a.  Pengajar  harus bisa menunjukan kualitas geraknya, dengan cara mendemontrasikan atau melakukan materi gerak yang diperintahkan. Ketika pengampu dapat menunjukan kapabilitas atau kemampuan dalam mendemontrasikan gerak tersebut, tentunya memberikan kepercayaan kepada siswa untuk lebih bersemangat belajar mencari gerak yang sulit dan rumit atau gerak yang sempurna. Pengampu yang memiliki kemampuan maksimal biasanya menjadi pengampu favorit dan bahkan menjadi teman diskusi bagi siswa yang pintar. Pengampu atau guru akan menjadi inspirator bahkan menjadi pembanding dirinya untuk bisa lebih baik dari pengampunya. Oleh karenanya pengampu sebaiknya tidak menjaga jarak hanya karena faktor jabatan atau ingin dihormati. Sebaliknya siswa akan hormat lahir dan batin ketika mengetahui bahwa memiliki pengampu yang berkualitas. Pengampu harus menjadi teman sekaligus guru yang baik bagi setiap siswa.

   b.  Untuk mendapatkan teknik yang benar perlu dilakukan peragaan secara berulang-ulang, agar detail-detail gerak dapat ditangkap secara kasat mata dan diperagakan kembali dengan menirukan secara rinci. Pengampu harus memberikan tekanan bahwa siswa dalam melakukan gerakan tidak sebatas bisa secara fisik tetapi harus secara jiwa menyatu dengan gerak yang dilakukan. Ketika siswa telah bisa menirukan gerakannya maka harus diminta untuk melakukan pengulangan gerak untuk menemukan rasa dari gerak tersebut. Selanjutnya yang telah dikuasai akan memicu untuk mengembangkan lebih jauh yang akhirnya siswa dapat menemukan gaya geraknya yang unik dari dirinya.

   c.  Dalam suasana pembelajaran menciptakan situasi yang kondusif menjadi bagian yang penting. Karena dengan Suasana yang baik akan memberikan rasa aman, nyaman, menikmati dan mendukung semangat untuk selalu bertanya, memicu sikap ingin tahu bahkan memicu kreativitasnya. Interaksi yang baik mamberikan suasana hati yang terbuka dan merasa membutuhkan. Bahkan ketika suasana telah tercipta nyaman, belajar yang sesulit apapun akan dirindukan. Oleh karena itu, setiap pengajar harus memiliki strategi  yang khusus untuk memberikan rasa nyaman kepada siswa.

   d.  Biasanya olah tubuh dilakukan di studio yang tertutup, dibatasi dinding kaca, berlantai kayu dengan alat yang terbatas dalam ruang tersebut. Dalam ruang yang terbatas atau studio ini pengampu menjadi  dominan, terjadinya aksi dan reaksi dalam memunculkan gerak lebih menunggu dari apa yang disampaikan oleh pengampu, Hal ini karena tempat tersebut secara tidak langsung sudah memberikan batasan antara pengampu dan siswa. Kemudian terkadang pengampu kurang mengembangkan proses pembelajaran dalam bentuk yang lebih kreatif. Pengembangan pengajaran yang kurang kreatif menyebabkan proses belajar dan mengajarnya semakin mandul atau pasif. Oleh karena itu pengampu yang kreatif akan memilih tempat latihan yang beragam dan tetap disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Pemilihan tempat di lingkungan atau arena terbuka tetap saja harus menyesuaikan dengan waktu pembelajaran yang terbatas. Arena di sekitar sekolah atau studio sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal. Karena setelah melakukan materi yang inti kemudian sampai pada mengkoordinasikan gerak . Pelaku membutuhkan bantuan dari luar untuk memacu ide-ide gerak yang menarik. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan keleluasaan ide dalam mengeksplor tubuh secara maksimal.

   e.  Alat bantu menjadi bagian yang menarik untuk pengembangan tubuh agar siap melakukan gerak yang diinginkan. Misalnya meja atau kursi. Sebelum siswa melakukan latihan pemanasan, mereka berlari kemudian menuju kursi dan melewati bagian bawah meja atau  kursi, atau bahkan melewati  diatas kursi atau meja sambil melompat, merunduk miring dibawah meja dll. Gerak ini jangan dipaksakan tetapi menyesuaikan dengan kemampuan siswa saja, selanjutnya kalau dilakukan berkali-kali maka akan menemukan metode atau cara yang membantu mereka untuk melenturkan ototnya. Selain itu alat bantu yang bisa digunakan adalah tangga manten, mereka bisa naik keatas, naik  dua tangga lalu merunduk di ruang tangga menuju ke ruang yang lain. Ruang-ruang tangga itulah yang menjadi tempat latihan yang membantu melenturkan otot tubuh. Dan masih banyak alat bantu yang bisa digunakan untuk merangsang semangat dan sekaligus membantu melemaskan otot. Selain itu alat bantu akan memberi nuansa yang berbeda agar siswa tidak mengalami kejenuhan  dan kebosanan serta tidak merasa terbebani. Jadi olah tubuh menjadi bagian yang tidak menakutkan, tidak membosankan tetapi menjadi mitra siswa untuk meningkatkan kemampuan tubuhnya.

   f.  Pendampingan dalam proses olah tubuh sangat dibutuhkan. Untuk mendapatkan  teknik yang benar. Tugas dari pendamping tidak hanya memberikan contoh tetapi mengevaluasi setiap gerak yang dilakukan. Pendamping yang baik adalah yang memiliki pengalaman lapangan yang memadai, memiliki teknik gerak yang baik serta mampu mematut gerak atau mampu menganalisa gerak yang logis atau baik. Sehingga dalam mengevaluasi memberikan masukan tidak sekedar teori yang umum, tetapi mampu memberikan masukan yang menginspirasi dan mendukung untuk lebih melakukan koordinasi gerak yang logis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »