Teater Indonesia Tahun 1950-an

Setelah perang kemerdekaan,  peluang terbuka bagi seniman untuk merenungkan perjuangan dalam perang kemerdekaan, juga sebaliknya, mereka merenungkan peristiwa perang kemerdekaan, kekecewaan, penderitaan, keberanian dan nilai kemanusiaan, pengkhianatan, kemunafikan, kepahlawanan dan tindakan pengecut, keikhlasan sendiri dan pengorbanan,  dan lain-lain. Peristiwa perang secara khas dilukiskan dalam lakon  Fajar Sidik  (Emil Sanossa, 1955), Kapten Syaf  (Aoh Kartahadimaja, 1951),  Pertahanan Akhir  (Sitor Situmorang, 1954),  Titik-titik Hitam  (Nasjah  Djamin,  1956)  Sekelumit Nyanyian Sunda (Nasjah Djamin, 1959).

Sementara ada lakon yang bercerita tentang kekecewaan paska perang, seperti korupsi, oportunisme politis, erosi ideologi, kemiskinan, Islam dan Komunisme, melalaikan penderitaan korban perang, dan lain-lain. Tema itu terungkap dalam lakon-lakon seperti  Awal dan Mira(1952),  Sayang Ada Orang Lain(1953) karya Utuy Tatang Sontani, bahkan lakon adaptasi,  Pakaian dan Kepalsuanoleh Akhdiat Kartamiharja (1956) berdasarkan  The Man In Grey Suit  karyaAverchenko dan  Hanya Satu Kali(1956), berdasarkan  Justice  karyaJohn Galsworthy. Utuy Tatang Sontani  dipandang sebagai tonggak penting menandai awal dari maraknya drama realis di Indonesia dengan lakon-lakonnya yang sering menyiratkan dengan kuat alienasi sebagai ciri kehidupan moderen. Lakon  Awal dan Mira(1952) tidak hanya terkenal di Indonesia, melainkan sampai ke Malaysia.Realisme konvensional dan naturalisme tampaknya menjadi pilihan generasi yang terbiasa dengan teater barat dan dipengaruhi oleh idiom Hendrik Ibsen dan Anton Chekhov. Kedua seniman teater Barat dengan idiom realisme konvensional ini menjadi tonggak didirikannya Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI)  pada tahun 1955 oleh Usmar Ismail  dan  Asrul Sani. ATNI menggalakkan dan memapankan realisme dengan mementaskan lakon-lakon terjemahan dari Barat, seperti karya-karya Moliere, Gogol, dan Chekov. Sedangkan metode pementasandan pemeranan yang dikembangkan oleh ATNI adalah Stanislavskian.

Teater Indonesia Tahun 1950-an
Teguh Karya
Menurut Brandon (1997), ATNI inilah akademi teater modern yang pertama di Asia Tenggara. Alumni Akademi Teater Nasional yang menjadi aktor dan sutradara antara lain, Teguh Karya, Wahyu Sihombing, Tatiek Malyati, Pramana Padmadarmaya, Galib Husein, dan Kasim Achmad. Di Yogyakarta tahun 1955 Harymawan dan Sri Murtono mendirikan Akademi Seni Drama dan Film Indonesia (ASDRAFI). Himpunan Seni Budaya Surakarta (HBS) didirikan di Surakarta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »