Pengertian Traktor Tangan Dan Klasifikasi Traktor Tangan

Traktor pertanian didefinisikan sebagai suatu kendaraan  yang mempunyai daya penggerak sendiri, minimum mempunyai sebuah poros roda yang dirancang untuk menarik serta  menggerakan alat/mesin pertanian. Atas dasar bentuk dan  ukuran traktor, maka traktor pertanian dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu : traktor tangan,traktor mini dan traktor besar.

1)  Traktor tangan

Traktor tangan (hand tractor)  adalah sumber penggerak dari  implemen (peralatan) pertanian. Biasanya traktor tangan digunakan untuk mengolah tanah. Namun sebenarnya traktor tangan ini merupakan mesin yang serba guna, karena dapat digunakan untuk tenaga penggerak implemen yang lain, seperti : pompa air, alat prosesing, trailer, dan lain-lain.

Traktor tangan merupakan traktor pertanian yang hanya mempunyai sebuah poros roda (beroda dua). Traktor ini berukuran panjang berkisar 1740  –  2290 mm, lebar berkisar 710  –  880 mm dan dayanya berkisar 6  –  10 HP. Sebagai daya penggerak utamanya menggunakan motor diesel silinder tunggal.

2)  Klasifikasi Traktor Tangan

Traktor tangan (hand tractor) merupakan sumber penggerak dari implemen (peralatan) pertanian. Biasanya traktor tangan digunakan untuk mengolah tanah. Namun sebenarnya traktor tangan ini merupakan mesin yang serba guna, karena dapat digunakan untuk tenaga  penggerak implemen yang lain, seperti : pompa air, alat prosesing, trailer, dan lain-lain.

Berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan, traktor tangan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. Traktor tangan berbahan bakar Solar
  2. Traktor tangan berbahan bakar bensin
  3. Traktor tangan berbahan bakar minyak tanah (kerosin)


Berdasarkan besarnya daya motor, traktor tangan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. Traktor tangan  berukuran kecil, tenaga penggeraknya  kurang dari 5 hp.
  2. Traktor tangan berukuran sedang, tenaga  penggeraknya  antara 5 -   7 hp
  3. Traktor tangan berukuran besar, tenaga penggeraknya antara 7–12 hp


Catatan :
Traktor dengan bahan bakar bensin dan minyak tanah biasanya berukuran kurang dari 7 hp. Jenis motor yang paling banyak digunakan traktor tangan di Indonesia adalah motor berbahan bakar solar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »