Memeriksa Traktor Roda Empat Sebelum Dioperasikan

Pemeriksaan Traktor roda empat merupakan bagian dari persiapan traktor sebelum dioperasikan. Pemeriksaan traktor  sebelum operasi sangat penting. Diharapkan dengan adanya  pemeriksaan ini kondisi traktor dapat diketahui sejak dini,  sehingga penanganannya tidak terlalu sulit. Ada beberapa hal  dari bagian traktor yang perlu dilakukan pemeriksaan, yaitu:

Memeriksa bahan bakar

Periksa isi tangki bahan bakar, bila kurang tambahkan  dengan solar. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan melihat  ketingian permukaan bahan bakar pada selang di pinggir  tang ki. Jangan dibiarkan isi tang ki sampai kosong,  karena udara  akan masuk dalam sistem  bahan bakar, sehingga motor tidak dapat dihidupkan.

Memeriksa Traktor Roda Empat Sebelum Dioperasikan
 Selang Penduga Bahan Bakar
Memeriksa oli motor

Bukalah tutup lubang pengisian oli. Bersihkan oli yang ada pada tongkat penduga dengan lap yang bersih. Masukkan  kembali tongkat penduga dan periksalah permukaan oli  pada tongkat penduga. Permukaan oli harus berada  diantara garis batas  maksimal dan minimal pada tongkat penduga. Bila oli kurang, tambahlah dengan oli SAE B-40untuk motor solar, sampai  batas maksimal

Memeriksa Traktor Roda Empat Sebelum Dioperasikan
Pemeriksaan Oli Mesin
Memeriksa  air radiator

Bukalah tutup radiator, periksalah apa permukaan air cukup  (sampaibatas leher lubang pengisi air). Jika kurang,  tambahkan airpendingin dengan air bersih. Beberapa  traktor, dileng ka pidengan botol pelim pah, apabila  permukaannya kurang juga diisidengan air bersih. Periksa  sarang/ram radiator, apabila kotor makaperlu dibersihkan.  Apabila ada kebocoran, maka perlu penambalansebelum traktor dioperasikan.

Memeriksa Traktor Roda Empat Sebelum Dioperasikan
Pemeriksaan Air Radiator
Memeriksa saringan udara

Bukalah tutup saringan udara. Ambil elemen dan bersihkan  apabila kotor. Apabila traktor Anda dilengkapi dengan pra  penyaring, maka bersihkanjuga pra penyaring tersebut. Untuk pengoperasian didaerah yangberdebu, pembersihan saringan udara harus lebih sering.

Memeriksa Traktor Roda Empat Sebelum Dioperasikan
Saringan Udara Tipe Kering
Memeriksa  oli transmisi

Bukalah  “baut  penutup  pengontrol oli” pada samping  kanan  baktransmisi, periksalah permukaan oli.  Jumlah oli cukup bila oli mengalir keluar dari lubang  pengontrol oli. Beberapa jenis traktor yang lain, ada juga  yang menggunakan “tongkat  pengukur”. Apabila  kurang,tambahkan oli SAE 90, melalui lubang pengisian oli.

Memeriksa Traktor Roda Empat Sebelum Dioperasikan
Lubang Pemasukan Oli padaBox Transmisi
Memeriksa seluruh tuas pengendali

Gerakkan seluruh tuas pengendali, apakah masih berjalan dengan baik, apabila tidak, harus diperbaiki terlebih dahulu.

Memeriksa seluruh pedal pengendali

Injaklah semua pedal, apabila tidak standar lagi, maka perlu  penyetelan.(Penyetelan ada pada bagian perawatan).

Memeriksa accu
Periksalah permukaan air elektrolit accu. Bila kurangtambahkan dengan air murni (air accu) . Jangan mengunakan accu zuur. Periksa amper/arus yang keluar  dari accu, apabila sudahrendah, stromlah accu di tempat  penyetruman.

Memeriksa Traktor Roda Empat Sebelum Dioperasikan
Pemeriksaan air accu
Memeriksa mur baut yang kendur

Periksalah mur baut, terutama pada roda dan ban yang  bergeraklainnya. Baut dapat kendor karena adanya  getaran.  Apabila adayang kendor, kencangkan.

Memeriksa indikator pada dashboard

Periksalah semua indikator yang ada pada dashboard,  dengan cara
memutar kunci kontak, apakah semua masih  jalan atau tidak. Jika
tidak, periksa penyebabnya dan  perbaiki.

Memeriksa saklar pada dashboard

Periksalah semua saklar yang ada pada dashboard, apakah  semuama sih jalan atau tidak. Jika tidak, periksa  penyebabnya danperbaiki

Memeriksa neaple gemuk (grease)

Periksa rumah gemuk pada bagian yang bergesekan, yang tidak kena olipelumas. Apabila tinggal sedikit, masukkan  gemuk dengan grease gunlewat naple gemuk.

Memeriksa implemen.

Implemen yang akan dioperasikan harus betul-betul siap.  Kelengkapanimplemen perlu diperiksa. Implemen yang  bergerak, perlu diberipelumas.

Persiapan peralatan tangan.

Peralatan tangan yang sering dipakai, terutama yang  digunakanuntuk mengoperasikan implemen, harus dibawa. Beberapa jenis traktor rodaempat dilengkapi dengan bagasi tempat peralatan tangan tersebut.

Memeriksa Tali kipas (fan belt)

Memeriksa tali kipas dengan cara menekan sisi atasnya dengan jari. Besarnya  pergeseran yang baik sebesar 10 mm.  Apabila terlalu kencang atau  terlalu kendor maka tali kipas  perlu disetel. Apabila tali kipas sudah rusak, maka tali kipas harus diganti dengan ukuran yangsama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »