Latihan Improvisasi Pada Roleplay Improvisatoris

Latihan improvisasi adalah melaksanakan improvisasi pengetahuan improvisasi yang telah dibahas. Pelaksanaannya dengan melakukan improvisasi tunggal, improvisasi dengan benda, improvisasi dengan suasana, improvisasi dengan bunyi, improvisasi dengan cerita, improvisasi berpasangan dan improvisasi berkelompok. Teknik yang digunakan dengan teknik kata-kata maupun teknik tubuh atau gerak.

a.  Improvisasi tunggal

     Improvisasi tunggal adalah improvisasi yang dilakukan sendirian, tanpa peralatan, dan tanpa naskah lakon. Improvisasi bisa menggunakan kata-kata, gerak, atau keduanya. Latihan improvisasi tunggal dilakukan dengan :

  1. Improvisasi sendiri dengan imajinasi sendiri, Improvisasi ini dilakukan sendirian dalam suasana dan situasi yang dirancang sendiri tanpa bantuan siapapun. Setelah melakukan improvisasi, baru dijelaskan pada pembimbing. 
  2. Improvisasi sendiri dengan rangsang instruksi sederhana, Improvisasi ini dilakukan sendirian dan dilakukan dengan bantuan rangsang dari pembimbing. Rangsang improvisasinya sangat sederhana, misalnya suasana dan tempat yang dihadapi oleh calon pemeran. Suasana dan tempat yang dihadapi tidak diberikan secara detail. 
  3. Improvisasi sendiri dengan rangsang instruksi lebih detail, Improvisasi ini dilakukan sendirian dan dilakukan dengan bantuan rangsang dari pembimbing. Rangsang improvisasi yang diberikan sudah lebih detail, misalnya suasana sedang hujan lebat, angin ribut di lereng gunung  dandalam keadaan lapar. 

b.  Improvisasi dengan benda

     Improvisasi dengan benda adalah improvisasi yang dilakukan dengan rangsangan benda atau perabot yang ada disekitar tempat latihan. Improvisasi dilakukan dengan bantuan pembimbing atau teman latihan improvisasi. Fungsi dari bantuan pembimbing atau teman latihan adalah untuk menunjukan benda apa yang digunakan untuk bahan improvisasi dan calon pemeran menanggapi benda yang ditunjukkan. Misalnya benda itu adalah kursi.

  1. Lakukan improvisasi dengan kursi dihadapan anda. 
  2. Lakukan improvisasi dengan kursi dihadapan anda dan kursi itu adalah kursi kesayangan dan orang lain tidak boleh menyentuh. 
  3. Lakukan improvisasi dengan kursi dihadapan anda dan kursi itu adalah kursi terdakwa dalam ruang pengadilan dan siapa saja yang menduduki kursi tersebut, maka hukuman mati harus diterima. 

c.  Improvisasi dengan suasana

     Improvisasi dengan suasana adalah improvisasi yang dilakukan dangan suasana yang diberikan oleh pembimbing sebagai sumber rangsangan. Latihan yang dilakukan adalah:

  1. Lakukan improvisasi dalam suasana pesta ulang tahun teman, tetapi anda tidak diundang.
  2. Lakukan improvisasi dalam suasana pemakaman dan yang dimakamkan adalah sahabat karib.
  3. Lakukan improvisasi dalam suasana anda sedang mengalami kecelakaan sehingga membuat teman anda luka parah. 

d.  Improvisasi dengan bunyi

     Improvisasi dengan bunyi adalah bentuk improvisasi yang menggunakan bunyi sebagai sumber rangsang. Latihan yang dilakukan adalah dengan cara merespon bunyi tersebut:

  1. Dengarkan bunyi musik dangdut dan responlah bunyi tersebut.
  2. Dengarkan bunyi musik  mars,  respon dan tanggapi musik tersebut. 
  3. Dengarkan bunyi keributan yang dihasilkan oleh alat listrik pertukangan.

e.  Improvisasi dengan cerita

     Improvisasi dengan cerita adalah improvisasi yang pelaksanaannya menggunakan rancangan cerita (hanya kerangka cerita sebagai bahan rangsang improvisasi). Latihan dengan menggunakan cerita rancangan sendiri, cerita dari rancangan orang lain, dan cerita rancangan bersama.

  1. Rancanglah sebuah cerita sederhana yang terdiri dari pemaparan, konflik dan penyelesaian. Cerita tersebut dengan peran tunggal. Mainkan rancangan tersebut. 
  2. Rancanglah sebuah cerita sederhana yang terdiri dari pemaparan, konflik dan penyelesaian. Cerita tersebut dengan dua peran. Mainkan rancangan tersebut dengan teman anda. 
  3. Rancanglah sebuah cerita sederhana yang terdiri dari pemaparan, konflik dan penyelesaian. Cerita tersebut dengan peran tidak lebih dari empat peran. Mainkan rancangan tersebut.
  4. Mainkan rancangan cerita yang dibuat teman anda, terlebih dahulu analisis rancangan cerita untuk mengetahui alur cerita dan peran yang ada dalam cerita tersebut. 
  5. Rancanglah sebuah cerita bersama dengan teman anda, cerita tersebut terdiri dari pemaparan, konflik dan penyelesaian. Mainkan rancangan cerita tersebut. 

f.  Improvisasi berpasangan

    Improvisasi berpasangan adalah improvisasi yang dilakukan oleh dua orang. Latihan dilakukan dengan cara:

  1. Lakukan improvisasi dengan teman anda, tetapi memainkan rancangan sendiri-sendiri, anda dengan rancangan sendiri dan teman anda dengan rancangan sendiri.
  2. Lakukan improvisasi berdua dengan teman anda, tetapi teman anda hanya masuk pada akhir improvisasi anda.
  3. Lakukan improvisasi dengan teman anda dengan memainkan cerita sederhana. 

g.  Improvisasi berkelompok

     Improvisasi kelompok adalah improvisasi yang dilakukan oleh beberapa orang dengan memainkan hasil karangan sendiri-sendiri dan disatukan dalam improvisasi. Latihan dilakukan dengan cara:

  1. Lakukan improvisasi dengan beberapa teman anda, dan tempat peristiwa berada di taman kota.
  2. Lakukan improvisasi dengan beberapa teman anda, dan masing-masing memainkan peran tertentu yang sejenis 
  3. Lakukan improvisasi dengan beberapa teman anda dan memainkan peran sendiri sampai menjadi satu cerita yang utuh. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »