Mengoperasikan Traktor Roda Empat (traktor besar)

Traktor jenis ini merupakan traktor yang mempunyai dua buah poros roda (beroda empat). Pada elemennya traktor jenis ini digerakkan oleh motor diesel dua silinder atau lebih, mempunyai 6 kecepatan (Persneling) maju, dan 2 kecepatan mundur, yang dibedakan menjadi 4 macam kecepatan rendah (termasuk kecepatan mundur) dan 4 macam kecepatan tinggi (termasuk kecepatan mundur).

Dalam pemakaian traktor 4 roda biasanya pekerjaan yang bisa dilakukannya yaitu untuk digunakan dalam pengolahan tanah (traktor standar), penanaman, pemupukan, pemeliharaan tanaman (traktor serba guna), transportasi, membongkar, mengangkut muatan (traktor industri). Sebagai contoh, 
sebaiknya dipergunakant traktor yang besar bila lahannya luas dengan ukuran petak lahan yang akan diolah besar, dan waktu kerja per tahun juga besar. Namun demikian,  akan lebih efektif  menggunakan traktor lebih kecil bila ukuran petak lahannya kecil.

Langkah pertama yang harus dipelajari oleh calon operator  untuk dapat mengoperasikan traktor roda empat adalah  mengenal traktor roda empat itu sendiri. Bagian-bagian utama dari traktor roda empat. Traktor roda empat mempunyai kisaran daya motor penggerak  yang besar. Traktor yang biasa digunakan di taman/kebun  mempunyai daya sekitar 11 kW (15 hp). Traktor ini di pasaran biasa disebut traktor mini atau traktor kebun. Traktor raksasa  yang biasa digunakan di perkebunan yang luas mempunyai  daya sampai 150 kW (200 hp). 

Namun begitu, biasanya  traktor roda empat yang biasa digunakan mempunyai daya antara 30 – 60 kW (40 - 80 hp).
Berdasarkan jenis rodanya, traktor dapat digolongkan  menjadi:

1.  Traktor satu gardan (two wheel -drive tractor/rowcrop tractor)

     Traktor satu gardan banyak digunakan di perkebunan kecil  yang membudidayakan tanaman larikan seperti ; kentang  kobis. Traktor ini mempunyai sudut putar yang kecil, lebar roda tipis dan jarak antar roda kiri dan kanan dapat diatur.  Umumnya daya yang digunakan tidak terlalu besar, sekitar 22 – 33 kw (30 – 45 hp).

Mengoperasikan Traktor Roda Empat (traktor besar)
Traktor Roda Empat Satu Gardan
2.  Traktor beroda track

     Traktor beroda track banyak digunakan di perkebunan yang luas atau di perkebunan yang masih baru, yang lahannya belum tertata. Daya penggerak yang biasa digunakan antara 52 – 110 kW (70 –150 hp). Traktor ini tidak bisa  digunakan di jalan raya, hanya digunakan pada kebun  yang satu ke kebun yang lain. Kecepatan jalannya rendah,  namun mempunyai daya tarik yang tinggi dan dapat  digunakan pada kondisi ahan yang berat. Karena lebar  rodanya besar  maka daya tumpu ke tanah menjadi kecil, sehingga traktor ini dapat digunakan pada lahan yang  lembek tanpa takut tenggelam/slip.

Mengoperasikan Traktor Roda Empat (traktor besar)
Traktor Rantai (crawler)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »