Jenis Alat Atau Mesin Penanam Dan Prinsip Kerja Alat Penanaman

Penanaman merupakan usaha penempatan biji atau benih di dalam tanah pada kedalaman tertentu atau menyebarkan biji diatas permukaan  tanah atau menanamkan tanah didalam tanah. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan perkecambahan serta pertumbuhan biji yang baik.

Penanaman dapat dilakukan dengan menggunakan tangan saja, dengan bantuan alat-alat sederhana ataupun dengan bantuan mesin-mesin penanam. Dalam perkembangan alat dan mesin penanam ini dikenal dari bentuk yang sederhana atau tradisional sampai dalam bentuk yang modern.

Macam dan jenis alat/mesin penanam dapat digolongkan menjadi 3 golongan berdasarkan sumber tenaga atau tenaga penarik yang digunakan, yaitu:

  1. Alat penanam dengan sumber tenaga manusia 
  2. Alat penanam dengan sumber tenaga hewan 
  3. Alat penanam dengan sumber tenaga traktor 

Pada umumnya bahwa prinsip dasar kerja dari alat tanam adalah sama,baik jenis yang didorong/ditarik tenaga manusia, ditarik hewan atau traktor.

Prinsip kerjanya adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan alur atau lubang (khusus tugal) 
  2. Mekanisme penjatuhan benih 
  3. Penutupan alur atau lubang ( khusus tugal), Sesuai dengan pembelajaran ini tentang alat mesin pertanian, maka dalam buku yang akan dibahas adalah jenis-jenis alat tanam yang digerakkan atau ditarik dengan mesin traktor, untuk alat tanam yang manual dan semi otomatis tidak akan dibahas dalam buku ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »