A. Ceramah
B. Demontrasi
C. Diskusi
D. Kelompok
2. Keungglan dari metode demontrasi adalah….
A. Keberhasilan anjuran cukup besar
B. Meningkatkan efisiensi usaha tani dan informasi pertanian
C. Mengembangkan kemampuan penyuluh
D. Petani dapat melihat proses inovasi teknologi
3. Keunggulan dari metode kursus tani adalah….
A. Hubungan persahabatan, kekeluargaan dan kepercayaan dapat dibina dengan baik
B. Masalah-masalah yang timbul dapat dipecahkan secara langsung
C. Memberikan motivasi kepada petani untuk melakukan suatu kegiatan
D. Sangat efektif untuk mengajarkan pengetahuan dan kete-rampilan secara mendalam dan sistematis
4. Melengkapi dan memperkuat metode penyuluhan merupakan salah satu tujuan dari....
A. Penempelan poster
B. Penyebaran brosur
C. Pemutaran film
D. Pertemuan diskusi
5. Kegiatan penyuluhan dengan menempelkan poster memilikikelemahan….
A. Kurang lengkap memberikan keterangan
B. Memerlukan banyak persiapan dan biaya
C. Relatif mahal dan memakan banyak waktu dan tenaga
D. Tidak dapat memberikan efek yang lebih lama (cepat hilang dari ingatan)
6. Pertemuan antara para petani dengan peneliti untuk saling tukar-menukar informasi tentangteknologi yang dihasilkan oleh peneliti dan umpan balik dari petani adalah merupakan kegiatan….
A. Temu lapang
B. Temu tugas
C. Temu usaha
D. Temu karya
7. Dibawah ini merupakan metode penyuluhan yang digolongkan berdasar indera penerima….
A. Metode yang dilakukan dengan memperlihatkan
B. Metode dengan pendekatan massal
C. Metode dengan pendekatan kelompok
D. Metode face to face communication
8. Bersifat verbalisme, sehingga sulit ditangkap oleh pendengar adalah merupakan kelemahan dari metode….
A. Ceramah
B. Kunjungan rumah
C. Kursus tani
D. Mimbar saresehan
9. Meyakinkan paket teknologi usaha tani yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta kondisi usaha tani-nelayan dan sosial eko-nomi petani nelayan di wilayah tertentu adalah merupakan metode penyuluhan….
A. Kaji terap
B. Kursus tani
C. Pertemuan diskusi
D. Temu lapang
10. Meyakinkan para petani dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk melihat sendiri hasil penerapan teknologi baru, demontrasi suatu keterampilan, alat baru dan sebagainya, serta untuk memperoleh pandangan dari hasil pembangunan daerah lain adalah tujuan dari….
A. Karya wisata
B. Kursus tani
C. Pertemuan diskusi
D. Kaji terap
11. Dapat menjangkau sasaran yang buta huruf, mempunyai efek publisitas, dan menarik perhatian macam-macam golongan masyarakat adalah merupakan keunggulan metode….
A. Demonstrasi
B. Karya wisata
C. Kursus tani
D. Pameran
12. Membuka kesempatan bagi petani nelayan untuk mendapatkan informasi teknologi hasil pertanian dan mendapatkan umpan balik dari hasil-hasil penelitiannya, menyalurkan teknologi di kalangan petani nelayan secara lebih cepat, menjalin hubungan akrab antara peneliti, penyuluh dan petanimerupakan tujuan metode penyuluhan....
A. Temu akrab
B. Temu lapang
C. Temu karya
D. Temu usaha
13. Pesan diterima oleh sasaran melalui demonstrasi dan peragaan dengan penjelasan adalah merupakan metode dengan penggolongan berdasarkan ….
A. Indra penerima
B. Pendekatan kepada sasaran
C. Metode dengan pendekatan kelompok
D. Metode face to face communication
14. Kurangnya partisipasi, menye-babkan hilangnya nilai materi yang disampaikan kecuali ke-seluruhan materi telah diberikan sebelumnya untuk dipelajari adalah lelemahan dari metode....
A. Ceramah
B. Kunjungan rumah
C. Kursus tani
D. Demontrasi
15. Mengurangi resiko kegagalan usaha tani melalui pemilihan teknologi yang paling sesuai dengan usaha tani terpadu dan meningkatkan keyakinan kontak tani mengenai teknologi pertanian yang akan diterapkan oleh petani adalah merupakan metode....
A. Kaji terap
B. Kursus tani
C. Pertemuan diskusi
D. Temu lapang
16. Memberikan motivasi kepada petani untuk melakukan suatu kegiatan, membina keakraban di antara sesama petani, memperluas wawasan, menumbuhkan sikap kepemimpinan adalah keunggulan dari metode….
A. Kaji terap
B. Karya wisata
C. Kursus tani
D. Pertemuan diskusi
17. Memerlukan banyak persiapan dan biaya, tidak dapat dilaksanakan pada tempat-tempat yang sama terus menerus tanpa per-ubahan, tidak dapat digunakan untuk segala macam topik atau segala macam tahap kegiatan, dan memerlukan tenaga-tenaga penerang (penjaga) yang benar-benar menguasai masalah adalah kelemahan dari
metode….
A. Pameran
B. Demontrasi
C. Karya wisata
D. Kursus tani
18. Adalah pertemuan antara para petani dengan peneliti untuk saling tukar-menukar informasi tentang teknologi yang dihasilkan oleh peneliti dan umpan balik dari petani.adalah merupakan metode penyuluhan….
A. Temu lapang
B. Temu akrab
C. Temu karya
D. Temu usaha
19. Pertimbangan yang digunakan dalam pemilihan metode penyuluhan digolongkan menjadi empat, yaitu sasaran, sumberdaya, keadaan daerah, dan….
A. Kebijakan pemerintah.
B. Keuangan
C. Karakteristik petani
D. Penyuluhnya
20. Metode penyuluhan pertanian untuk meningkatkan kemampuan petani nelayan dalam memilih paket teknologi usaha tani yang telah direkomendasikan sebelum didemonstrasikan dan atau dianjurkan. Pelaksaannya dilakukan oleh kontak tani nelayan di lahan usaha tani nelayannya dengan bimbingan penyuluh pertanian adalah merupakan metode….
A. Kaji terap
B. Karya wisata
C. Kursus tani
D. Saresehan
21. Kegiatan kunjungan rumah dan tempat usaha para kontak tani, tokoh desa, dan pemuka masyarakat yang dilakukan penyuluh dilakukan dengan….
A. Tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi
B. Sewaktu-waktu bila ada kesempatan
C. Tidak perlu terjadwal untuk mendekatkan hubungan
D. Dijadwalkan secara berkala
23. Pertimbangan: gambar sederhana namun jelas, menarik dan hidup, mudah dimengerti, mempunyai komposisi warna yang menarik.Hubungi pihak yang berwenang memberikan ijin penempelan pada wilayah yang bersangkutan. Tempelkan pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang, dengan memperlihatkan jarak pandang dan ukuran adalah merupakan kegiatan….
A. Penempelan poster
B. Penempelan brosur
C. Penempelan leaflet
D. Penempelan folder
24. Musyawarah dipimpin oleh ketua periode lama dan atau dipilih berdasarkan kesepakatan peserta,menetapkan agenda musyawarah dan tata tertib berdasarkan atas kesepakatan peserta, merumuskan kesepakatan hasil musyawarah, dan menyusun laporan tertulis hasil musyawarah adalah kegiatan….
A. Rembug paripurna
B. Pertemuam umum
C. Pertemuan diskusi
D. Rembug utama