Cara Melakukan Perawatan Motor Bakar Diesel

Sistem kerja mesin diesel umumnya lebih berat dibandingkan mesin berbahan bakar premium. Sehingga oli harus selalu dalam kondisi bagus karena harus melumasi bagian-bagian mesin yang bergesekan. Lakukan setiap pagi hari sebelum memanaskan mobil dengan menggunakan alat pengecekan yang ada pada mesin mobil.

Mengganti Oli mesin 

Penggantian oli mesin diesel harus selalu tepat waktu karena oli bekerja lebih keras  daripada oli mesin bensin. Selain itu karena kerja oli mesin diesel lebih keras , maka filter oli juga harus diganti setiap ganti oli mesin.

Mengecek dan mengganti filter bahan bakar

Karena bahan bakar solar memiliki kekentalan yang lebih pekat daripada premium dan tangki bahan bakar bisa saja mudah berkerak, sehingga filternya mudah kotor maka sebaiknya harus rajin mengecek dan mengganti filter bahan bakar.

Mengecek, membersihkan dan mengganti filter udara

Kerja mesin diesel membutuhkan udara bersih untuk pembakaran. Oleh karena itu bila filter udara kotor dan sudah padat menyebabkan putaran mesin menjadi berat. Sehingga mobil menjadi tidak bertenaga dan bahan bakarnya menjadi boros. Oleh karena itu filter udara harus dibersihkan secara rutin setiap minggu atau sebulan sekali dan apabila dirasa sudah jelek dan sudah tidak mampu menyerap udara lagi sebaiknya lekas diganti.

Mengecek pompa injeksi secara rutin.

Pompa injeksi pada mobil diesel umumnya tidak ada pelumasnya sehingga sangat rentan aus. Oleh karena itu sebaiknya pada saat mengisi solar ditambahkan oli khusus untuk campuran bahan bakar yang berfungsi untuk merawat pompa injeksi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »